18 Maret 2016

Buku Penggugah Pendidikan

Menceritakan buku favorit ibarat menceritakan makanan kesukaan. Ada banyak makanan yang kusukai. Begitupun dengan buku. Aku termasuk orang yang lebih suka jajan buku dari pada yang lainnya. Untuk menghilangkan rasa penat, aku lebih suka pergi ke toko buku. Bagiku buku adalah teman setia yang tak kan pernah protes.
Beberapa buku berikut merupakan rujukan yang akan ku rekomendasikan untuk dibaca. Terutama bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia pendidikan.


Pertama, Quantum Teaching. Buku terbitan Kaifa, yang ditulis oleh Bobbi de Porter, Mark Readon dan Singer-Nourie ini sukses merebut simpati para pecinta buku pendidikan. Terbukti dengan jumlah cetak ulangnya sudah sekian kali. Tahun 2002 saja buku ini sudah tujuh kali cetak. Buku aslinya diterbitkan oleh Allyn and Bacon, Boston tahun 1999. Sedangkan edisi bahasa indonesianya diterjemahkan oleh Ary Nilandary.

Quantum Teaching mampu mengubah paradigma guru sebagai pendidik di sekolah formal, menjadi guru yang membuat nyaman dan senang bagi setiap siswa di sekolah. Buku ini mengajarkan bagaimana seharusnya seorang guru dapat memasuki dunia siswa, dan mengajak siswa masuk ke dunia guru. Bagaimana mengelola sebuah kelas menjadi menarik dan terasa nyaman. Bobbi dan kawan-kawan juga menjelaskan bahwa setiap anak adalah cerdas. Mereka memiliki kecerdasan yang berbeda-beda. Kecerdasan visual, auditorial, dan kinestetik. Penanganan yang tepat terhadap anak dengan kecerdasan yang berbeda akan membawa dampak perkembangan otak yang baik.

Salah satu rancangan quantum teachin yang terkenal adalah TANDUR, yang merupakan singkatan dari Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan. Quantum teaching semakin terasa menarik saat disajikan contoh penanganan kelas dengan berbagai kasus. Jelas, buku ini sudah semestinya menjadi pegangan bagi setiap guru dalam mengelola kelasnya.


Kedua, masih berkaitan dengan pendidikan, kali ini buku babonnya model pengajaran. Yakni Models of Teaching karya Bruce Joice. Buku setebal 637 halaman ini sangat layak menjadi panduan dalam merumuskan sebuah model pembelajaran di kelas. Buku yang terdiri dari dua puluh dua bab ini mengupas tuntas segala model pembelajaran yang ada di dunia pendidikan. Mulai dari model pembelajaran yang mengedepankan pemrosesan informasi, hingga pembelajaran yang bertumpu pada individu si pembelajar sendiri. Tak kalah luar biasanya dengan buku pertama, babonnya model-model pembelajaran ini pun telah berkali-kali mengalami cetak ulang.


Ketiga, buku yang mengajak pembaca untuk mendobrak pendidikan, utamanya teadisi sekolah di Indonesia. Buku karya Munif Chatib, masih satu penerbit dengan Quantum Teaching yakni Sekolahnya Manusia. Munif sendiri dalam kata pengantarnya mengakui terinspirasi dari buku Quantum Teaching nya Bobbi de Porter. Sekolahnya Manusia mengajak semua guru untuk segera merubah mind set bahwa tidak ada anak yang bodoh. Setiap anak membawa kecerdasannya sendiri. Di dalam bukunya, Munif memberikan satu bab khusus untuk menuluskan sebuah solusi sekolah unggulan di Indonesis. Sekolah yang mengedepankan adanya multiple intelegence.

Tiga buku di atas setidaknya merupakan buku yang sering ku rekomendasikan bagi mereka yang ingin merubah pendidikan menjadi lebih maju. Sehingga pendidikan di Indonesia, siap bersaing dengan dunia luar.

Selebihnya, buku yang akan ku rekomendasikan adalah buku-buku ringan, namun sarat dengan informasi. Pertama, buku yang berjudul Jurus Jitu Tembus Pasar Ekspor. Buku kecil nan mungil yang diterbitkan oleh Andi Offset Jogja tahun 2013. Buku ini memuat empat jurus yang harus dikuasai, terutama bagi pengusaha kecil sekelas UMKM agar mampu bersaing dalam bisnis ekspor. Jurus pertama harus mengenal persyaratan ekspor. Kedua, langkah-langkah ekspor. Ketiga, pengusaha UMKM harus memiliki modal yang cukup. Keempat, harus mengetahui cara pengelolaan masalah atau pun hambatan dalam bisnis ekspor.

Buku ringan kedua yang akan ku rekomendasikan adalah Back to Nature, merawat anak secara alami sejak lahir hingga usia sekolah. Buku terbitan Andi offset tahun 2013. Buku ini memaparkan tentang tips dan trik pengasuhan anak sejak lahir, hingga usia sekolah. Buku tipis ini cocok sebagai pedoman bagi keluarga baru yang akan segera dikaruniai anak.

Buku ketiga, cocok bagi para pencari kerja terutama yang mengincar status CPNS. Strategi jitu tembus tes CPNS, berisi ringkasan materi dan kumpulan soal. Buku yang dikemas secara ringkas ini mampu menjawab kebutuhan bagi mereka yang selalu memburu soal-soal sebagai persiapan tes CPNS.


Ketiga buku ringan yang ku rekomendasikan ini adalah hasil tulisan Juni Dwi Riyanti. Ketiganya terbit pada tahun 2013. Namun penyusunannya telah dimulai sejak tahun 2011.

4 komentar:

  1. Bagus bgtb...
    Aku gk njalur kl suruh nulis dg gaya bahasa spt ini.
    Inspirativ

    BalasHapus
  2. quantum teaching dan quantum learning ak dah punya mb juni..buku munif jg..sukaaaaa semua

    BalasHapus
  3. quantum teaching dan quantum learning ak dah punya mb juni..buku munif jg..sukaaaaa semua

    BalasHapus
  4. Buku pertama dan kedua aku punya.. :) keren tulisannya mba Juni :-)

    BalasHapus