2 Maret 2016

Dari Polusi Hingga Foto Copi

Ini masih kisah tentang plastik berbayar. Beberapa hari ini sering banget baca status teman di sosmed tentang plastik berbayar. Mulai dari yang mengeluh harus tambah dua ratus perak, sampai analisis yang ilmiah dan "njlimet".

Salah satu alasan yang digembor-gemborkan adalah demi keamanan bersama kata pak RT. Demi menyelamatkan lingkungan dari polusi penggunaan plastik yang berlebihan. Plastik bukanlah bahan yang mudah diurai. Ini sekedar mengutip apa yang ada di salah satu status teman. Alasan ini pun terasa janggal karena saat membeli belanjaan, coba dihitung ada berapa barang yang dikemas pakai plastik, dan plastiknya pun lebih tebal dari kantong berbayar itu. Kan sama-sama plastikanya itu, nggak bisa diurai juga.

Beralih ke status lain, tapi masih tentang kantong kresek berbayar pula. Cerita ini datang dari status orang yang punya kios foto copi. Sejak diberlakukannya kantong berbayar, -yang semestinya diberlakukan di toko retail- sudah seminggu ini jadi ngirit plastik. Pasalnya banyak yang mengira di kios foto copi juga berlaku plastik berbayar, sehingga banyak yang pada bawa kantong plastik sendiri. "Horee.... setidaknya bisa ngirit seratus ribu satu bulan, dari biaya kantong plastik".

Setiap keputusan pasti berdampak baik dan buruk, tak perlu risau. Tinggal bagaimana menyikapi. Mau setuju atau tidak setuju adalah hak setiap individu. Masih mau pakai kantong plastik saat belanja di toko retail, siapkan dana tambahan dua ratus perak. Kalau tak mau, nggak usah pakai plastik. Masukin kantong baju atau celana saja.

13 komentar:

  1. Hehehe...agak ribet dan suka lupa untuk bawa kantong sendiri dari rumah.

    BalasHapus
  2. Padahal ni kantong plastik itu lebih tipis dari kantong plastik sabun loh. Haha

    BalasHapus
  3. Padahal ni kantong plastik itu lebih tipis dari kantong plastik sabun loh. Haha

    BalasHapus
  4. Aku akan bawa tas saja, biar praktis
    jadi biar hemat plastik dan uang :D

    BalasHapus
  5. Bawa,keranjang aja, mba... hihihi

    BalasHapus
  6. Disini alhmdulillah masih gratis2 aja...

    BalasHapus
  7. hehe,, betul kak,, tiap ke alfa / indo pilih pakai plastik atau gak itu pilihan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo cuma beli permen ya pilih nggak pake plastik, hehe

      Hapus
    2. Kalo cuma beli permen ya pilih nggak pake plastik, hehe

      Hapus
  8. Terima kasih buat semua yang sudah mampir

    BalasHapus
  9. Bawa kantongan sendiri skalian upaya penghematan, hehe

    BalasHapus